Home » » Alir proses produksi produk multimedia

Alir proses produksi produk multimedia

Written By Unknown on Minggu, 02 Desember 2012 | 05.16




Untitled Document



Memahami alir proses produksi produk multimedia
Istilah  multimedia  pertama  kali  di  kenal  pada  dunia  teater,  yang mempertunjukan  pagelaran  dengan menggunakan  gerak, musik,  dan  video  untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu  karya  yang  dapat  dinikmati  secara  audio  visual.  Umumnya  juga  orang mengenal  multimedia  sebagai  sistem  dari  komputer  personal  (PC)  yang berkembang  pesat  dewasa  ini.  Dalam  Perkembangannya  pengajaran,  latihan, pembuatan manufaktur, sedang dalam system perekonomian layak digunakan untuk kegiatan promosi penjualan.
Menurut Robert Webking  , multimedia secara “etimologi “ di artikan sebagai, “multi“ (banyak) “medium“ (prantara media). Dalam bidang  informasi multi media memiliki  makna  yaitu  “persekutuan  media“  diantara  sumber  dan  pemasukan informasi  atau  “persekutuan  alat“  dengan  mana  informasi  di  simpan, ditransmisikan, dipresentasikan dan diterima (webking.2001: www.alltheweb.com) Munter  (1982) menulis  bahwa,  “alat  bantu media  dapat memberikan  sumbangan yang  sangat  besar  dalam  menambah  minat,  variasi,  dampak  serta  kemampuan mengingat  lebih  lama dibandingkan dengan kata-kata. Munter menjelaskan bahwa orang  paling  banyak  belajar  dan  menyimpan  memori  melalui  observasi  minimal 85% sedangkan data yang dikumpulkan dan yang disimpan berasal dari penglihatan dan  suara  bisa melebihi  batas  normal.  Suatu  tinjauan mengenai  suatu  penelitian menyatakan bahwa alat bantu audiovisual (multimedia) meningkatkan pemahaman sampai 200% dalam pengajaran, alat bantu visual meningkatkan daya ingat sekitar 14-38%,  dan  dapat  mengurangi  waktu  yang  diperlukan  sampai  40%  untuk menjelaskan konsep tunggal dalam kegiatan promosi.
Satu  alasan  penting  bahwa  alat  bantu multimedia  yang  relevan  dan  dipilih dengan baik adalah menarik perhatian dengan kualitas kerja yang luar biasa, warna-warna terang pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus, semuanya  akan  membantu  mendapatkan  perhatian.  Dengan  kualitas  praga  yang luar biasa, warna-warna pada bagan, bentuk unik  suatu obyek, dan  getaran bunyi yang  khusus,  semuanya  akan  membantu  mendapatkan  perhatian  dan memperbaharui  daya  tarik  gagasan  yang  disampaikan.  Perhatian  penuh  dapat dilakukan hanya dalam beberapa detik memiliki “waktu paruh“ yang sangat singkat alat  multimedia  dapat  digunakan  secara  efektif  untuk  mengendalikan  perhatian penyimak melalui stimulasi visual dan stimulasi oral. Stimulasi visual dan stimulasi oral  akan  memberikan  kesadaran  yang  tinggi,  intensitas,  ukuran  yang  besar, pengulangan,  durasi, warna  yang  cerah.  Istilah  psikofisik mengacu  pada  interaksi proses psikologis dan stimulasi  fisik penggabungan  faktor-faktor  itu dalam bentuk alat bantu multimedia  akan  sangat membantu mempertahankan  tingkat perhatian yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.  

Multimedia  juga  sangat  membantu  dalam  kegiatan  belajar,  selain  dalam membantu kegiatan promosi, dimana belajar mengajar merupakan hal yang patut di perhatikan  dalam  meningkatkan  sumberdaya  manusia.  Dengan  meningkatnya sumber  daya  manusia  maka  suatu  negara  dapat  di  katakan  telah  maju,  dengan adanya  multi  media  system  belajar  mengajar  dapat  efektif  dan  efesien  sehingga dengan adanya multimedia belajar dapat berinteraktif


Kategori Multimedia
Multimedia  dapat  didefinisikan  menjadi  dua  kategori  yaitu  multimedia content production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:
  1. Multimedia content production
    Multimedia  adalah  penggunaan  dan  pemrosesan  beberapa  media  (text, audio,  graphics,  animation,  video,  and  interactivity)  yang  berbeda  untuk menyampaikan  informasi  atau  menghasilkan  produk  multimedia  (music, video,  film,  game,  entertaiment,  dll)  Atau  penggunaan  sejumlah  teknologi yang  berbeda  yang  memungkinkan  untuk  menggabungkan  media  (text, audio, graphics, animation, video, and  interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
    • Media Teks
    • Media Audio
    • Media Video
    • Media Animasi
    • Media Graph / Image
    • Media Interactivity
    • Media Special Effect

  2. Multimedia communication
    Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll. Dalam kategori  ini media yang digunakan adalahTV

    • Radio
    • Film
    • Cetak
    • Musik
    • Game
    • Entertaiment
    • Tutorial
    • ICT (Internet)










0 komentar:

Posting Komentar